Wednesday, November 29, 2017

Kisi Kisi Teknologi Informasi & Komunikasi MAN XI & XII

By Admin Unknown  |  November 29, 2017

Kisi Kisi Teknologi Informasi & Komunikasi

Sejarah Internet

Pengertian internet (interconnection networking) sendiri adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit dan lain sebagainya. Awalnya internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 melalui sebuah proyek yang disebut dengan ARPANET. Misi awal dari proyek ini awalnya hanya untuk keperluan militer saja, tetapi lambat laun terus berkembang dan bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Robby Soebiakto juga menjadi koordinator alamat IP pertama dari AMPR-net (Amatir Packet Radio Network) yang di Internet dikenal dengan domain AMPR.ORG dan IP 44.132. AMPR-net Indonesia kemudian dikoordinir oleh Onno W. Purbo sejak tahun 2000. Salah satu aktivitas AMPR-net adalah mengkoordinasi aktifitas anggota ORARI melalui mailing list ORARI, orari-news@yahoogroups.com. 

ISP yang pertama kali di Indonesia ialah Ipteknet yang beroperasi penuh menjelang awal 1994. Di tahun 1994-an mulai beroperasi P.T. IndoInternet atau IndoNet yang dipimpin secara part-time oleh Sanjaya. IndoNet merupakan ISP komersial pertama Indonesia yang pada awalnya memanfaatkan lisensi dari P.T. Lintas Arta. Pada waktu itu pihak POSTEL belum mengetahui tentang celah-celah bisnis Internet & masih sedikit sekali pengguna Internet di Indonesia. Sambungan awal ke Internet dilakukan menggunakan dial-up oleh IndoNet, sebuah langkah yang cukup nekad barangkali. Lokasi awal IndoNet di daerah Rawamangun di kompleks dosen UI kebetulan ayah Sanjaya adalah dosen UI. ISP yang tidak lama menyusul IndoNET ialah Radnet.

Perangkat keras yang dibutuhkan untuk mengakses internet yaitu komputer,modem,saluran telepon. Ada beberapa alternatif sambungan komputer ke internet. Diantaranya yaitu modem dial-up yang merupakan modem yang dipasang dikomputer baik dalam maupun diluar CPU. Modem ponsel yaitu salah satu operator diindonesia memberikan akses internet sebagai layanan tambahan dijaringan seluler mereka. Secara umum ada 2 teknologi yaitu GPRS dan 3G. Selanjutnya hotspot atau WIFI yang merupakan perangkat keras dalam megakses internet.

FTP (File Transfer Protocol).
FTP adalah fasilitas internet yang memberikan kemudahan kepada pengguna untuk mencari dan mengambil arsip file (download) di suatu server yang terhubung ke internet pada alamat tertentu yang menyediakan berbagai arsip (file), yang memang diizinkan untuk diambil oleh pengguna lain yang membutuhkannya. FTP juga dipergunakan untuk meng-upload file materi situs (homepage) sehingga bisa diakses oleh orang lain.

Pada era teknologi informasi yang didukung internet ini, kita pasti sering mendengar dengan blog. Atau kita juga mendengar ngeblog atau blogging. Kita akan membahas hal-hal mengenai dunia blog, ngeblog atau blogging.

Pengertian blog dalam dunia web berarti weblog, di sini merupakan kita memahami weblog berarti ada web dan log. Di sini blog menunjuk ke suatu website atau situs yang menyajikan informasi-informasi yang berkesinambungan pada tulisan-tulisan yang disajikan. Contoh penerapan dari blog adalah mencatat catatan-catatan harian dan juga membuat tulisan-tulisan sesuai minat dari penulis.

Blog biasanya menyajikan informasi-informasi yand disusun berdasarkan waktu dengan urutan yang terbaru disajikan di bagian depan. Pada blog juga menyajikan pengunjungnya untuk memberikan komentar-komentar sehingga blog juga bisa dijadikan interaksi dua arah antara penulis dengan pembacanya.

Dua cara koneksi ISP

Dial Up
Merupakan koneksi ke internet secara temporer,jaringan ini di koneksikan bila hanay di perlukan saja.

Leased Line
Merupakan jaringan permanen Atau real time yang online selma 24jam.A

Mengenal Juniper Router
Juniper Networks adalah salah satu dari perusahaan produsen router di dunia seperti Cisco, Mikrotik dan Alcatel. Juniper sendiri mempunyai produk yaitu switch, router dan perangkat security seperti firewall. Seluruh provide di Indonesia menggunakan perangkat juniper, seperti Indosat, Telkomsel, XL, dll. Juniper biasanya digunakan dibagian core network. Karena juniper sudah terbukti dan terkenal kehandalannya dalam jaringan telekomunikasi.

Beberapa jenis seri device yang diproduksi oleh Juniper yaitu: T-Series, M-Series, E-Series, MX-Series, J-Series routers, EX-Series Ethernet Switches and SRX-Series Security. Junos lebih bagus berjalan pada perangkat yang di produksi oleh Juniper.

# Router Juniper


Router Juniper adalah salah satu varian dari sekian banyak router yang di produksi oleh produsen-produsen router di dunia. Router Juniper sendiri diproduksi oleh produsen bernama “Juniper Network”.

Juniper Network memproduksi routernya berdasarkan standar yang diadopsi dari router produksi Cisco, meskipun ada perbedaan spesifik diantara keduanya. Walau begitu router ini juga banyak digunakan di beberapa instansi di Indonesia. berikut saya akan menjelaskan beberapa hal dari router juniper seri J2320;

Pengertian E-Learning

E-learning adalah suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Berikut beberapa pengertian E-learning dari berbagai sumber:
  1. Pembelajaran yang disusun dengan tujuan menggunakan sistem elektronik atau komputer sehingga mampu mendukung proses pembelajaran (Michael, 2013:27).
  2. Proses pembelajaran jarak jauh dengan menggabungkan prinsip-prinsip dalam proses pembelajaran dengan teknologi (Chandrawati, 2010).
  3. Sistem pembelajaran yang digunakan sebagai sarana untuk proses belajar mengajar yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka secara langsung antara guru dengan siswa (Ardiansyah, 2013).
HUB
Hub merupakan perangkat keras yang sangat penting dalam jaringan komputer, Hub sangat mempengaruhi proses koneksi antar komputer sehingga jika Hub mengalami kerusakan maka seluruh jaringan komputer akan terputus dan terganggu.

Hub berfungsi sebagai peragkat keras penerima sinyal dari sebuah komputer dan merupakan titik pusat yang menghubungkan ke seluruh komputer dalam jaringan tersebut. Hub juga berperan sebagai penguat sinyal kabel UTP, konsentrator dan penyambung. Berdasarkan fungsinya Hub dibedakan menjadi 2 macam yakni:
  1. Hub pasif merupakan hub yang berfungsi sebagai pemmisah atau pembagi jaringan, akan tetapi tidak melakukan penguatan sinyal sehingga hub ini tidak membutuhkan tenaga listrik tambahan.
  2. Hub Aktif berfungsi sebagai penghubung jalur secara fisik dan penguat sinyal dalam jaringan, Akan tetapi Hub aktif membutuhkan tenaga listrik tambahan untuk bisa bekerja.

Penggunaan dan Arti : To, Cc, dan BCc Pada Email
To (Kepada):
adalah tempat untuk menulis alamat penerima email. Bisa diisi satu alamat email atau lebih.

Seluruh penerima email, akan melihat kepada email Anda dikirimkan, sehingga semua alamat penerima akan terlihat.

 Jika ingin mengirim ke lebih dari satu alamat email, pisahkan dengan tanda koma atau tekan tombol spasi keyboard.

Contoh: satu@gmail.com, dua@gmail.com, tiga@yahoo.com, dan seterusnya

Cc (Salinan/Tembusan) :  Cc merupakan kependekan dari Carbon Copy.

Cc berfungsi untuk mengirimkan ke lebih dari satu alamat email. Jadi kita bisa mengirimkan ke alamat email tujuan utama dan ke alamat email lainnya.

Mirip dengan ketika mengirim email ke banyak alamat, bedanya akan terlihat kepada siapa alamat email utama dan kepada siapa salinannya.

Penerima utama di kolom To: dapat melihat alamat email penerima lainnya, dan begitu juga sebaliknya.

Cc biasanya digunakan saat kita ingin memberitahukan pihak lain saat mengirimkan email kepada penerima utama.

Contoh: Anda ingin mengirimkan email kepada Pak Tegar, sebagai penerima utama, tetapi Anda juga ingin agar Pak Tangguh mengetahuinya, maka Anda bisa mengisi kolom To : paktegar@gmail.com dan kolom Cc : paktangguh@gmail.com

Meski email dikirim ke alamat utama : Pak Tegar tetapi Pak Tangguh tetap bisa melihatnya.

BCc : Merupakan singkatan dari “Blind Carbon copy”.
Fungsinya hampir sama dengan Cc. Perbedaannya dengan Cc, semua alamat penerima yang dituliskan di bagian BCc, tidak tahu kepada siapa saja email tersebut dikirimkan.

Sehingga terkesan, email itu hanya dikirimkan ke masing-masing email penerima.
Contoh:  To : Pak Tegar. BCc : Pak Tangguh

Pengertian HTML

HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language yaitu bahasa pemrograman  standar yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, yang kemudian dapat diakses untuk menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet (Browser) . HTML dapat juga digunakan sebagai link link antara file-file dalam situs atau dalam komputer dengan menggunakan localhost, atau link yang menghubungkan antar situs dalam dunia internet.

Supaya  dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi Pemformatan hiperteks sederhana ditulis dalam berkas format ASCII sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML.
HTML merupakan sebuah bahasa yang bermula bahasa yang sebelumnya banyak dipakai di dunia percetakan dan penerbirtan yang disebut  Standard Generalized Markup Language (SGML ).

Sekarang ini HTML merupakan standar Internet yang dikendalikan dan didefinisikan pemakaiannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).  Pada tahun 1989, HTML dibuat oleh kolaborasi Berners-lee Robert dengan Caillau TIM  pada saat mereka bekerja di CERN (CERN merupakan lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa)

Pengertian Sharing Resource Jaringan

Resource sharing jaringan adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama oleh sekelompok orang(PC) yang terhubung dalam sebuah jaringan yang bertujuan untuk meningkatkan layanan dan mengurangi biaya pengembangan koleksi.Resource sharing tersebut dapat dilakukan dengan kesepakatan sah maupun tidak sah yang diterapkan secara lokal, nasional, ataupun internasional. Sedangkan sumber daya yang di bagi tersebut dapat berupa koleksi, data dsb.

Fungsinya yaitu ”tempat berbagi”, di mana setiap pengguna internet dapat mencurahkan segala ilmu pengetahuan, dan pendapat pribadinya di server-server internet sehingga pengguna lain dapat membacanya. Selain itu di internet bila kita temukan berbagai sumber pengetahuan,buku-buku gratis, CD gratis, dan bahkan secara saklek dapat disebutkan kita akan mendapatkan segala hal melalui internet ini.



» Thanks for reading: Kisi Kisi Teknologi Informasi & Komunikasi MAN XI & XII
Author: Unknown

Never fear before trying it and never stop before it works.